Jumat, 23 November 2012

Eulalia amaura (Buese) Ohwi. (rumput lamuran)


Rumput ini tumbuh di beberapa musim. Batangnya rimpang dan berongga pada bagian dalamnya. Pertumbuhannya menjalar yang kadang-kadang meninggi juga, percabangannya ke semua arah. Pelepahnya hijau keunguan dengan bulu-bulu halus di sepanjang tepi dan pangkalnya. Helaian daunnya berbentuk ujung tombak, permukaannya berbulu halus. Perbungaannya berupa bunga tandan yang tertutup, tandan tumbuh tegak dan panjangnya sampai 8 cm. Bulirnya berpasangan dengan susunan yang berseling, pada setiap pasangnya ada satu buliran bertangkai dan ada pula yang tidak bertangkai. Seluruh permukaan bulirnya berbulu halus atau licin, warnanya coklat kekuningan.[1]
Menurut penelitian di lapangan yaitu, sistem perakaran serabut . Batang Warna hijau keunguan, tinggi 0,3 m-0,4 m, ruas 7 cm-8 cm, permukaan licin, sifat batang rumput, tegak, bentuk bulat berongga. Bangun daun ujung tombak, ujung runcing, pangkal berlekuk, tepi rata, daging seperti kertas, warna hijau, permukaan berbulu halus. Bunga tandan tertutup, terdapat mahkota, benang sari 2, termasuk bunga jantan.


[1]Setijati Sastrapradja, op. cit., h. 59.

1 komentar:

Ari mengatakan...

Menarik sekali,,
Mari Hijaukan Bumi Kita

Kami suplier Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang dan tanaman lain untuk kebutuhan taman anda seperti aneka palem, pule, soka india, aneka kamboja, dll.
Kami juga melayani jasa pembuatan taman untuk wilayah Jawa Tengah

Hubungi kami klik http://rumputjepang-gajahminimurah.blogspot.com/

Arya Flower
0813 1030 7553

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Mega's Blogg and Powered by Blogger.