Rabu, 17 Oktober 2012

Dactyloctenium aegyptium Richt.


Deskripsi:
Rumput ini berumur 1 tahun dengan pangkal batang yang merayap atau sering bercabang, tingginya mencapai 0,1-0,6 m. Perbungaan terdiri dari 1-7 bulir menjadi satu dengan tangkai berambut panjang 1-4,5 cm. Anak bulir berdiri sendiri, duduk, berselang seling kiri dan kanan dari lunas, sangat pipih, berjejal rapat menjadi keseluruhan berbentuk sisir, panjang dan lebar 3-5 mm. tangkai putik 2 dengan kepala putik sempit dan berwarna putih. Berkembangbiak dengan benih dan stolon . Sekam menempel kuat berbentuk perahu, berwarna kecoklatan. Benang sari berjumlah 3, kepala sarinya kecil dan berwarna kuning. Tangkai putik berjumlah 2, dan berwarna putih. Rumput ini biasanya tumbuh di daerah yang bermusim kemarau.[1]
Menurut penelitian di lapangan yaitu, sistem perakaran serabut. Batang Warna hijau, tinggi 30 cm-35 cm, ruas 4 cm-5 cm, permukaan licin, sifat batang rumput, merayap, bentuk bulat berongga. Bangun daun garis, ujung runcing, pangkal berlekuk, tepi rata, daging seperti kertas, warna hijau, permukaan berbulu. Bunga bulir, terdapat sekam, benang sari 3, jumlah putik 2, termasuk bunga lengkap.
Selain sebagai pakan ternak, rumput jenis ini dapat berfungsi sebagai penutup tanah pada kawasan pantai untuk penahan erosi tanah dan menambah estetis pada kawasan pantai.


[1]Ibid., h. 109.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Mega's Blogg and Powered by Blogger.