Senin, 26 Desember 2011

Mengenal Makanan Rusak


MENGENAL MAKANAN RUSAK

Sebagai ibu rumah tangga, kita diharuskan jeli terhadap makanan yg kita sajikan untuk keluarga. Termasuk mengenal makanan yg sudah rusak.
Makanan dinyatakan rusak apabila telah terjadi perubaha-perubahan dari sifat asalnya. Hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan fisik (misalnya buah penyok dsd), kimia (terkena zat kimia), enzimatis (karena proses enzim dalam makanan itu sendiri)
Tanda-tanda kerusakan makanan:
  1. buah dan sayur
benturan fisik->penyok pada buah
serangan serangga
serangan mikroorganisme
Buah dan sayur yang rusak terlihat busuk, berubah warna dan rasa, terkadang berlendir.
Kalo udah seperti ini mending tidak usah dimasak.
  1. daging dan hasil olahannya
Daging dan hasil olahannya sangat mudah busuk, hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi dan air yang banyak. Tanda tanda daging dan hasil olahannya rusak apabila telah terjadi perubahan warna, bau dan berlendir.
  1. ikan dan hasil olahannya
Kerusakan pada ikan ditandai dengan perubahan tekstur apabila kita tekan daging ikan tidak dapat kembali ke bentuk semula. Selain itu juga terbentuk lendir dan bau yang tidak sedap. Bakteri penyebab kerusakan pada ikan sangat dipengaruhi oleh suhu penyimpanan.
  1. susu dan hasil olahannya
Kerusakan pada susu ditandai dengan adanya perubaha bau menjadi tengik, perubahan bentuk menjadi menggumpal,berlendir serta terjadi perubahan rasa menjadi asam. Penggumpalan dan lendir disebabkan oleh bakteri serta terbentuknya asam pada susu.
  1. Makanan Kaleng
Kerusakan pada makanan kaleng di sebabkan oleh bakteri sehingga makanan menjadi busuk dan berwarna hitam. Apabila terjadi penggembungan pada kaleng ini menunjukkan bahwa telah terjadi kerusakan pada makanan yang ada didalamnya. Proses ini di sebabkan oleh Clostridium tetani yang sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan membawa pada kematian.
Untuk dapat menghasilkan makanan yang tidak cepat rusak tentu saja harus diperhatikan bahan baku, kebersihan bahan baku dan peralatan masak, memasak dengan sempurna supaya mikroorganisme mati dan tidak berkembang biak dan jangan lupa menyimpan makanan sesuai dengan tempatnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Mega's Blogg and Powered by Blogger.